13 Juli, 2009

PROFIL LABORATORIUM BAHASA

PROFIL LABORATORIUM BAHASA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM

DAFTAR ISI
1. Latar belakang
2. Visi
3. Misi
4. Pengelola
5. Fungsi Pokok
6. Laboratorium e-Learning
7. Fasilitas
8. Pengadaan dan Perbaikan Peralatan, Sarana dan Prasarana
9. Sumber Belajar
10. Program
- Program Jangka Pendek
- Program Jangka Panjang
11. Peraturan Laboratorium
11.1 Personal Laboratorium
11.2 Tugas dan Kewajiban
11.2.1 Kepala Laboratorium
11.2.2 Tenaga Administrasi
11.2.3 Teknisi
11.2.4 Instruktur
11.2.5 Praktikan
11.3 Tata Tertib Praktikan/Pembelajaran bagi Praktikan/Mahasiswa
11.4 Prosedur dan Aturan Penggunaan Peralatan dalam Praktikan
12. Peraturan Administrasi
13. Daftar Peralatan yang Digunakan dalam Praktikum
14. Prosedur Penggunaan Laboratorium Bahasa
13.1 Prosedur Penggunaan Laboratorium 1
13.2 Prosedur Penggunaan Laboratorium 2
13.3 Prosedur Penggunaan Laboratorium 3
15. Tata Tertib di Laboratorium Bahasa
Prosedur Penggunaan Peralatan pada Meja Siswa di Laboratorium

1. LATAR BELAKANG
Sebagai lembaga yang terpercaya, profesional, dan berwawasan ke depan unit penunjang akademik dalam hal ini Laboratorium Bahasa memiliki peran strategis untuk memberikan pelayanan di bidang kebahasaan kepada sivitas akademika dan masyarakat luas. Dalam era globalisasi dan informasi, penguasaan ketrampilan berbahasa, khususnya Bahasa Inggris dan Arab sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja yang ingin berkompetisi di dalamnya.
Mengingat pentingnya fungsi laboratorium bahasa dalam program pengajaran bahasa asing bagi sivitas akademika dan layanan masyarakat pada umumnya, maka pengajaran secara formal sangat menentukan keberhasilan peningkatan keterampilan berbahasa tersebut. Oleh karena itu, keberadaan Laboratorium Bahasa akan mendukung kemajuan personal dan profesional pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya.
Laboratorium Bahasa UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Maulana Malik Ibrahim. pertamakali didirikan pada bulan Maret 1999 yang terdiri dari 1 ruang yang menempati di gedung A lantai 2. Seiring dengan perjalanan waktu pada tahun 2004 dengan memanfaatkan Laboratorium lama, Laboratorium Bahasa diperbaiki dan menempati ruang 111 gedung B. Pada tahun 2008, melalui SK Rektor tanggal 1 Mei 2008 Laboratorium bahasa menempati gedung lantai 2 Fakultas Humaniora dan Budaya. Di Gedung lantai 2 Fakultas Humaniora dan Budaya, Laboratorium Bahasa memiliki 4 ruang. 3 ruang untuk laboratorium bahasa, 1 ruang untuk administrasi, ruang dosen dan ruang resource center. Dengan fasilitas yang lebih lengkap dan ber-AC, Laboratorium Bahasa mampu memberikan layanan kebahasaan secara lebih optimal kepada sivitas akademika dan masyarakat luas.
Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim memiliki struktur organisasi yang ditetapkan oleh Rektor, dan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim bekerja di bawah koordinasi Pembantu Rektor Bidang Akademik yang menangani masalah pengembangan kebahasaan.


2. VISI
Visi dari Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim adalah:
- Melaksanakan pelatihan / pembelajaran bahasa yang efektif.
- Menjadikan Laboratorium Bahasa sebagai tempat penelitian, pendidikan dan pengkajian keterampilan kebahasaan kepada sivitas akademika, dari masyarakat luas baik secara kelembagaan (seperti perguruan tinggi, sekolah lanjutan dan pondok pesantren) maupun perorangan.

3. MISI
Misi dari laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim adalah:
a. Mengelola kegiatan pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa bagi dosen dan mahasiswa.
b. Mengelola kegiatan pengkajian IPTEK pengajaran dan pengembangan
keterampilan berbahasa.
c. Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional dalam melakukan riset dan pengembangan pengajaran bahasa.
d. Membangun dan mengembangkan sistem informasi pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa.

4. PENGELOLA
Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim memiliki beberapa pengelola
yang ditetapkan oleh universitas. Pengelola tersebut antara lain:
- Seorang Kepala Laboratorium, yang diangkat oleh Rektor.
- Seorang Sekretaris Laboratorium, yang diangkat oleh Rektor.
- Seorang tenaga Administrasi/teknisi, yaitu seseorang yang diseleksi dan diajukan oleh Kepala Laboratorium Bahasa kepada Universitas sebagai karyawan kontrak.


5. FUNGSI POKOK
- Tugas utama yang dilakukan oleh laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim adalah melaksanakan pembinaan/peningkatan kemampuan bahasa asing bagi sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim khususnya pada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa Arab.
- Selain pelayanan tersebut, laboratorium Bahasa memberikan layanan semua
fakultas, unit-unit terkait seperti PKPBA, PKPBI, SAC dan para dosen di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim untuk meningkatkan kemampuan bahasa Asing.
- Mengadakan/menunjang penelitian kebahasaan, khususnya yang memerlukan penggunaan peralatan laboratorium.
- Membina/meningkatkan kemampuan berbahasa, khususnya sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim untuk mengikuti program S-2 dan S-3 dalam dan luar negeri.

6. LABORATORIUM e-Learning
Laboratoium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim yang digunakan untuk proses
belajar mengajar menggunakan perangkat keras (hardware) maupun perangkat
lunak (software)untuk mengefektifkan belajar mengajar. Laboratorium e
learning yang menempati gedung lantai II Fakultas Humaniora dan Budaya ini
dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu Laboratorium Bahasa Digital,
laboratorium bahasa multimedia dan Laboratorium bahasa standar.

7. FASILITAS
Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim terletak di gedung kuliah
bersama gedung B lantai 1 serta gedung Fakultas Humaniora dan Budaya lantai
II. Di gedung Fakultas Humanira dan Budaya, Laboratorium Bahasa memiliki
tiga ruang yang menggunakan perangkat digital dan computerized (laboratorium
mutimedia). Ruang tersebut berada di gedung Fakultas Humaniora and Budaya.
Ruang multimedia merupakan ruangan khusus berukuran luas dan nyaman yang
dilengkapi dengan fasilitas multimedia dan audio visual yang dapat digunakan
untuk acara seminar, ceramah ilmiah dan kegiatan akademis yang lainnya.
Laboratorium bahasa terbagi atas 4 ruangan:
1. Laboratorium Bahasa I (Multimedia English laboratory) memiliki 25 komputer berakses internet dengan I master control lengkap dengan computer multimedia dengan luas 94 m2.
2. Laboratorium Bahasa II (Multimedia Arabic laboratory) memiliki 25 komputer berakses internet dengan I master control lengkap dengan computer. Laboratorium bahasa II dirancang khusus untuk laboratorium multimedia dengan luas 94 m2.
3. Laboratorium Bahasa III (laboratorium standar) berisikan 40 listening boots dan I master control yang berada di gedung B ruang 111, lengkap dengan AC, 1 buah TV 29 Inch, monitor, Video Player, VCD Player dan parabola.
4. Laboratorium IV (laboratorium standar) berisikan 40 listening boots dan 1 master control diruang ber AC, dilengkapi dengan Televisi, video dan VCD Player.

Ruang Kelas
Unit laboratorium bahasa memiliki 5 ruang kelas ber AC dan beberapa fasilitas pendukung diantaranya LCD dan screen yang siap digunakan setiap waktu.
Auditorium
Unit laboratorium bahasa memiliki ruang auditorium yang ber AC dengan kapasitas 200 tempat duduk yang berada di lantai 3 gedung Fakultas Humaniora dan Budaya ruang dengan luas 246 m2. Ini berfungsi untuk penyelenggaraan seminar, workshop, pelatihan kebahasaan, penyelenggaraan lomba dan pelaksanaan tes TOEFL / IELTS.
SALC (Self Access Learning Center)
Fasilititas ini digunakan untuk belajar secara mandiri serta dapat digunakan untuk menambah pengetahuan mahasiswa. 5 perangkat komputer disediakan untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang bersumber dari CD/DVD dokumentasi ataupun internet, serta dapat digunakan untuk self-directed language learning. Fasilitas yang tersedia di SAL antara lain: Self Study Software, cassette record player, headset dan PC student.

PENGADAAN DAN PERBAIKAN PERALATAN, SARANA DAN PRASARANA
Pengadaan peralatan, sarana dan prasarana diajukan oleh Kepala Laboratorium
yang disetujui oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik untuk selanjutnya
diteruskan ke Pembantu Rektor Bidang Administrasi. Universitas akan menunjuk
unit yang berkompeten untuk pengadaan peralatan, sarana dan prasarana
tersebut, misalnya UPT komputer akan menangani hal-hal berkaitan dengan
komputer baik software maupun hardware, Biro administrasi umum menangani
peralatan, sarana dan prasarana yang bersifat besar. Sedangkan perbaikan
peralatan yang sifatnya kecil/ringan ditangani oleh teknisi Laboratorium Bahasa,
dan yang sifatnya besar diajukan oleh Kepala Laboratorium kepada Universitas.


8. SUMBER BELAJAR
Untuk menunjang proses praktikum/pembelajaran, Laboratorium Bahasa UIN
Maulana Malik Ibrahim menyediakan sumber-sumber belajar yang berupa buku,
kaset, dan CD yang pengadaanya dilakukan secara berkala. Namun, ketersediaan
sumber belajar ini masih kurang memadai karena sulitnya akses dan tingginya
harga sumber belajar yang kebanyakan dari luar negeri. Selain itu, beberapa
sumber belajar didapat dari internet. Kendala pencarian sumber belajar dari
internet adalah tidak lancarnya akses internet dari Laboratorium Bahasa.

9. PROGRAM
Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim memiliki program sebagai berikut:
a. Jangka Panjang - Akreditasi Laboratorium Bahasa
- Autonomous Learning
- Self Accessed Learning Center
- Hibah peralatan dan sejenisnya.
b. Jangka Pendek - Membuat Profil Laboratorium Bahasa
- Membuat Pedoman Operasional Laboratorium Bahasa
- Menginventarisasi Prasarana Laboratorium Bahasa
- Membuat Panduan Mutu Laboratorium Bahasa
- Pelatihan instruktur Laboratorium Bahasa
- Study Banding (Computerized Laboratory)
- Perbaikan Lab 2 di gedung B ruang 111
- Praktikum perkuliahan bagi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab dan Mahasiwa jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
- Mini Library
- Penambahan Bahan Ajar
- Orientasi Laboratorium Bahasa untuk Maba
- Transfer sumber belajar dari kaset ke CD/file
- IELTS/TOEFL practice untuk dosen dan umum
- Workshop pengajaran Listening
- English Offering Class
- Self Accessed Listening Practice

11. PERATURAN LABORATORIUM
11.1. Personal Laboratorium
- Kepala laboratorium adalah dosen yang diangkat oleh Rektor dan
bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan di laboratorium.
- Sekretaris laboratorium bahasa adalah dosen yang diangkat oleh Rektor dan bertanggung jawab membantu kepala laboratorium bahasa atas pelaksanaan kegiatan di laboratorium.
- Tenaga teknisi adalah pegawai kontrak UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Malang yang sah.
- Tenaga Administrasi adalah pegawai kontrak Universitas Islam Negeri Malang yang sah, dan lulus ujian penerimaan, serta telah mengikuti pelatihan keadministrasian Laboratorium Bahasa.
- Instruktur adalah dosen pembina matakuliah/praktikum yang ditunjuk oleh Fakultas.
- Praktikan adalah mahasiswa yang mengikuti praktikum/pembelajaran sesuai dengan kredit mata kuliah yang diambil dan terdaftar sebagai praktikan laboratorium.
11.2. Tugas dan Kewajiban
11.2.1. Kepala Laboratorium
a. Merencanakan kegiatan atau program jangka pendek, menegah, dan panjang di Lababoratorium Bahasa.
b. Mengkoordinasi segala aktifitas di Lab Bahasa baik intern organisasi maupun dengan unit terkait dilingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
c. Mengawasi jalannya pelaksanaan kegiatan harian di Lab. Bahasa
d. Mengawasi pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standard pekerjaan yang telah ditetapkan sehingga sesuai dengan visi, misi, dan tujuan.
e. Mengusulkan dan menyeleksi tenaga teknisi untuk Lab. Bahasa.
f. Mengusulkan pengadaan dan perbaikan peralatan Lab. Bahasa.
g. Mengevaluasi pelaksanaan seluruh kegiatan di Lab Bahasa.
h. Bertanggungjawab terhadap jalannya organisasi di Lab Bahasa.
i. Membuat laporan pertanggungjawaban secara berkala kepada Universitas.
11.2.2 Sekretaris Laboratorium Bahasa
a. Menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi Laboratorium Bahasa.
b. Menangani segala kewajiban administrasi dengan praktikan/mahasiswa.
c. Mengawasi segala aktifitas di Lab. Bahasa setiap hari.
11.2.3. Tenaga Administrasi
a. Bertugas menyelesaikan surat menyurat di lab. Bahasa
b. Bertugas mencatat keluar masuk keuangan setiap ada transaksi
c. Menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi 15 menit sebelum pemakaian lab. Bahasa dan merapikannya setelah pemakaian selesai
d. Menangani segala kewajiban administrasi dengan praktikan/mahasiswa.
e. Mengawasi segala aktifitas di lab. Bahasa setiap hari.
f. Mencatat dan melaporkan segala aktifitas lab. Bahasa setiap hari
11.2.4 Teknisi
a. Bertanggung jawab penuh atas keberfungsian peralatan
Laboratorium Bahasa.
b. Bertanggung jawab atas perbaikan peralatan yang rusak.
c. Bertugas membantu instruktur dalam pelaksanaan teknis praktikum/pembelajaran.
d. Bertugas mengontrol jumlah dan jenis peralatan yang digunakan selama praktikum/pembelajaran.
e. Mengarahkan peserta praktikum/pembelajaran sesuai dengan materi praktikum/pembelajaran yang telah ditetapkan.
f. Menyiapkan peralatan praktikum/pembelajaran sesuai dengan materi praktikum/pembelajaran dan jadwal praktikum/pembelajaran yang telah ditetapkan.
g. Menegur dan memberi sangsi kepada praktikan yang melakukan pelanggaran terhadap penggunaan peralatan.
11.2.5 Instruktur
a. Bertanggung jawab penuh kepada kepala laboratorium atas segala sesuatu yang berkaitan dengan praktikum/pembelajaran.
b. Menyusun rancangan dan mengendalikan pelaksana praktikum/pembelajaran atas persetujuan kepala Lab Bahasa, instruktur berhak menggugurkan.
c. peserta praktikum/pembelajaran apabila peserta tersebut melanggar peraturan yang berlaku.
d. Instruktur memiliki wewenang penuh mengevaluasi, mengontrol dan menegur praktikan selama bekerja di laboratorium.
e. Memberikan tugas laporan kepada mahasiswa sebagai persyaratan mengikuti ujian akhir praktikum/pembelajaran.
f. Ikut menentukan persyaratan untuk mengikuti ujian praktikum/pembelajaran.
g. Mempersiapkan naskah ujian akhir praktikum/pembelajaran.
h. Mengawas proses ujian akhir praktikum/pembelajaran.
i. Mengkoreksi hasil ujian akhir praktikum/pembelajaran.
j. Memberikan penilaian terhadap hasil ujian akhir
praktikum/pembelajaran sesuai dengan panduan penilaian yang
ditetapkan oleh universitas.

11.2.6. Praktikan
a. Mentaati peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan.
b. Mengikuti petunjuk instruktur dan teknisi.
c. Melaksanakan praktikum/pembelajaran dengan tepat dan benar sesuai dengan petunjuk yang berlaku.
d. Membuat dan mengumpulkan tugas akhir/laporan akhir praktikum/pembelajaran yang ditugaskan oleh instruktur.
e. Mengikuti ujian akhir praktikum/pembelajaran.
f. Melengkapi semua persyaratan untuk mengikuti ujian akhir praktikum/pembelajaran
11.3. Tata Tertib Praktikum/Pembelajaran bagi Praktikan/Mahasiswa
a. Mahasiswa harus mempersiapkan diri sebelum praktikum/pembelajaran dilaksanakan.
b. Mahasiswa harus hadir sepuluh menit sebelum praktikum/pembelajaran dimulai.
c. Mahasiswa harus mengikuti pre-test yang dilakukan oleh pembina praktikum/pembelajaran.
d. Mahasiswa yang berhalangan hadir hendaknya memberikan surat keterangan.
e. Apabila secara sengaja mahasiswa tidak hadir sebanyak 3 kali berturut-turut, tanpa pemberitahuan dianggap gugur, atau sesuai dengan persetujuan.
f. Setiap kali mengikuti praktikum/pembelajaran, mahasiswa harus:
- Mengisi daftar hadir yang telah disediakan, dan menuliskan nomor
meja yang ditempatinya.
- Memelihara peralatan sesuai kebutuhan.
- Memelihara peralatan yang ada.
- Menjaga kebersihan ruangan praktikum/pembelajaran.
- Setelah praktikum/pembelajaran selesai, mahasiwa harus
meletakkan peralatan pada tempatnya.
- Mahasiswa apabila mengalami kecelakaan praktikum/pembelajaran harus segera melapor pada instruktur, teknisi, atau petugas laboratorium.
- Sepatu dan segala yang bukan perlengkapan praktikum/pembelajaran disimpan ditempatkan yang telah disediakan.
g. Selama mengikuti praktikum/pembelajaran mahasiswa dilarang:
- Merokok dan makan dalam laboratorium.
- Mencoret-coret meja praktikum pembelajaran.
- Memindahkan peralatan praktikum/pembelajaran tanpa izin.
- Berpakaian yang tidak sopan, dan sesuatu yang tidak pantas.
- Bergurau yang keterlaluan sehingga menggangu jalannya
- praktikum/pembelajaran.
- Mengaktifkan telepon seluler di dalam ruangan
- praktikum/pembelajaran.
- Setelah selesai melaksanakan praktikum/pembelajaran mahasiwa dilarang keluar laboratorium sebelum diijinkan oleh instruktur.
h. Alokasi Waktu Praktikum/Pembelajaran
Alokasi waktu praktikum/pembelajaran didasarkan pada jumlah
kredit mata kuliah yang telah ditetapkan oleh universitas, dan sudah
terjadwal secara terintegrasi dengan jadwal universitas.
11.4. Prosedur dan Aturan Penggunaan Peralatan dalam Praktikum Penggunaan
peralatan
a. Peralatan praktikum/pembelajaran telah tersedia pada meja kerja yang
telah dipersiapkan.
b. Setiap kelompok kelas bertanggung jawab pada pemakaian alat yang
digunakan.
c. Sebelum praktikum/pembelajaran dimulai ketua kelas menandatangani
blanko inventaris dengan mengecek kelengkapan alat.
d. Apabila terjadi kerusakan alat atau hilang anggota kelas
praktikum/pembelajaran harus melaporkan kepada petugas.
e. Kerusakan atau kehilangannya alat yang disebabkan oleh anggota kelas
praktikum/pembelajaran, maka mahasiswa (praktikan) dikenakan denda atau mengganti dengan barang yang sama.
f. Mahasiswa (praktikan) hanya menggunakan peralatan yang telah
disediakan pada meja kerja masing-masing dan dilarang meminjam peralatan dari ruang praktikum/pembelajaran lainnya.
g. Alat yang dipakai bersama hanya boleh digunakan seijin instruktur.

12. PERATURAN ADMINISTRASI
Sebelum pelaksanaan ujian akhir semester, praktikan harus memenuhi kewajiban administrasi di Laboratorium Bahasa sebagai berikut:
- Praktikan semester satu, dua dan tiga mengumpulkan fotokopi kwitansi pembayaran biaya praktikum laboratorium bahasa.

13. DAFTAR PERALATAN YANG DIGUNAKAN DALAM LABORATORIUM BAHASA
Alat-alat yang digunakan pada:
1. LAB. BAHASA INGGRIS 2. LAB. BAHASA ARAB
- MASTER CONSOLE
- Master tape recorder
- Student Virtual Recording
- Headset
- Student Cabling System
- LAN Connection System
- PC for Master Console
- PC for Student
- Teacher Desk
- Teacher Chair
- Room Speaker
- Printer Inkjet
- UPS For Master Console
- Duct Cable
- Carpet
- Teacher Stage
- LCD Projector
- Screen projector - MASTER CONSOLE
- Master tape recorder
- Student Virtual Recording
- Headset
- Student Cabling system
- LAN Connection System
- PC Master Console
- PC for Student
- Teacher Desk
- Teacher Chair
- Room Speaker
- Printer Inkjet
- UPS For Master Console
- Duct Cable
- Carpet
- Teacher Stage
- LCD Projector
- Screen projector

3. SELF ACCESS CENTER 4. Addressable Paging System for TOEFL TEST
- PC Student
- Self Study Software + Interface
- Casette Recorder Player
- Headset
- Content material:
- SW LANGUAGE LEARNING Arabic Intermediate + Advance Level
- SW LANGUAGE LEARNING English Intermediate + Advance Level - Paging Microphone
- Auto Reverese Cassette
- DVD/CD/MP3 Player
- Power Amplifier
- Speaker
- Monitor Panel
- Cabinet Rack
- LCD Projector + Bracket
- Ceilling Screen
- Computer

16. TATA TERTIB LABORATORIUM BAHASA
1. Letakkan sepatu dan tas di loker / tempat sepatu
2. Mahasiwa tidak diperkenankan memakai sandal, kaos oblong, dan baju ketat (bagi mahasiwa putri) ketika mengikuti perkuliahan.
3. Dosen wajib mengisi daftar hadir yang disediakan setiap perkuliahan di pusat keahlian dan pembelajaran bahasa.
4. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir yang disediakan setiap mengikuti perkuliahan di pusat keahlian dan pembelajaran bahasa.
5. Buanglah sampah pada tempatnya.
6. Dilarang makan, minum, mengaktifkan telepon seluler, dan mencoret meja di dalam ruangan pusat keahlian dan pembelajaran bahasa.
7. Jagalah ketertiban dan keamanan selama di dalam laboratorium.
8. Mahasiswa tidak diperkenankan menggunakan peralatan dan meninggalkan ruangan sebelum ada instruksi dari dosen.
9. Mahasiswa tidak diperkenankan menggunakan peralatan pada meja master.
10. Mahasiwa tidak diperkenankan memindahkan peralatan yang terdapat di dalam pusat keahlian dan pembelajaran bahasa.
11. Apabila terjadi kendala ketika pelaksanaan praktikum, harap segera melaporkan kepada petugas.
12. Jagalah kondisi peralatan dengan sebaik-baiknya sehingga tidak terjadi kerusakan.
13. Apabila telah melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut, maka akan diberi sanksi-sanksi sebagai berikut:
a. Sanksi peringatan
b. Sanksi memperbaiki alat apabila telah melakukan perusakan dengan sengaja.
c. Sanksi mengganti alat atau membayar denda sesuai dengan harga alat
tersebut apabila telah melakukan perusakan dengan sengaja.
d. Sanksi membersikan apabila dengan sengaja membuang sampah atau mencoret-coret meja.
e. Sanksi skorsing apabila melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut
dengan sengaja secara berulang kali (sanksi skorsing akan dilakukan setelah ada
kesepakatan dari dosen dan dengan persetujuan Ketua Jurusan dan Dekan).

1 komentar:

  1. Luar biasa... semoga tambah jaya...Amin.... prasojo.he...

    BalasHapus