10 Juli, 2009

profil

LABORATORIUM BAHASA
Laboratorium Bahasa memiliki peran strategis untuk memberikan pelayanan di bidang kebahasaan kepada sivitas akademika dan masyarakat luas. Dalam era globalisasi dan informasi, penguasaan ketrampilan berbahasa, khususnya Bahasa Inggris dan Arab sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja yang ingin berkompetisi di dalamnya.
Laboratorium Bahasa UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Maulana Malik Ibrahim. pertamakali didirikan pada bulan Maret 1999 yang terdiri dari 1 ruang yang menempati di gedung A lantai 2. Seiring dengan perjalanan waktu pada tahun 2004 dengan memanfaatkan Laboratorium lama, Laboratorium Bahasa diperbaiki dan menempati ruang 111 gedung B. Pada tahun 2008, melalui SK Rektor tanggal 1 Mei 2008 Laboratorium bahasa menempati gedung lantai 2 Fakultas Humaniora dan Budaya. Di Gedung lantai 2 Fakultas Humaniora dan Budaya, Laboratorium Bahasa memiliki 4 ruang. 3 ruang untuk laboratorium bahasa, 1 ruang untuk administrasi, ruang dosen dan ruang resource center. Dengan fasilitas yang lebih lengkap dan ber-AC.

VISI LABORATORIUM BAHASA:
Visi dari Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim adalah:
- Melaksanakan pelatihan / pembelajaran bahasa yang efektif.
- Menjadikan Laboratorium Bahasa sebagai tempat penelitian, pendidikan dan pengkajian keterampilan kebahasaan kepada sivitas akademika, dari masyarakat luas baik secara kelembagaan (seperti perguruan tinggi, sekolah lanjutan dan pondok pesantren) maupun perorangan.

MISI LABORATORIUM BAHASA:
Misi dari laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim adalah:
- Mengelola kegiatan pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa bagi dosen dan mahasiswa.
- Mengelola kegiatan pengkajian IPTEK pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa.
- Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional dalam melakukan riset dan pengembangan pengajaran bahasa.
- Membangun dan mengembangkan sistem informasi pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa.

Laboratorium bahasa terbagi atas 4 ruangan:
- Laboratorium Bahasa I (Multimedia English laboratory) memiliki 25 komputer berakses internet dengan I master control lengkap dengan computer multimedia dengan luas 94 m2.
- Laboratorium Bahasa II (Multimedia Arabic laboratory) memiliki 25 komputer berakses internet dengan I master control lengkap dengan computer. Laboratorium bahasa II dirancang khusus untuk laboratorium multimedia dengan luas 94 m2.
- Laboratorium Bahasa III (laboratorium standar) berisikan 40 listening boots dan I master control yang berada di gedung B ruang 111, lengkap dengan AC, 1 buah TV 29 Inch, monitor, Video Player, VCD Player dan parabola.
- Laboratorium IV (laboratorium standar) berisikan 40 listening boots dan 1 master control diruang ber AC, dilengkapi dengan Televisi, video dan VCD Player.

Ruang Kelas
Unit laboratorium bahasa memiliki 5 ruang kelas ber AC dan beberapa fasilitas pendukung diantaranya LCD dan screen yang siap digunakan setiap waktu.

Auditorium
Unit laboratorium bahasa memiliki ruang auditorium yang ber AC dengan kapasitas 200 tempat duduk yang berada di lantai 3 gedung Fakultas Humaniora dan Budaya ruang dengan luas 246 m2. Ini berfungsi untuk penyelenggaraan seminar, workshop, pelatihan kebahasaan, penyelenggaraan lomba dan pelaksanaan tes TOEFL / IELTS.

SALC (Self Access Learning Center)
Fasilititas ini digunakan untuk belajar secara mandiri serta dapat digunakan untuk menambah pengetahuan mahasiswa. 5 perangkat komputer disediakan untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang bersumber dari CD/DVD dokumentasi ataupun internet, serta dapat digunakan untuk self-directed language learning. Fasilitas yang tersedia di SAL antara lain: Self Study Software, cassette record player, headset dan PC student.

SUMBER BELAJAR
Untuk menunjang proses praktikum/pembelajaran, Laboratorium Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim menyediakan sumber-sumber belajar yang berupa buku, kaset, dan CD yang pengadaanya dilakukan secara berkala. Namun, ketersediaan sumber belajar ini masih kurang memadai karena sulitnya akses dan tingginya harga sumber belajar yang kebanyakan dari luar negeri. Selain itu, beberapa sumber belajar didapat dari internet. Kendala pencarian sumber belajar dari internet adalah tidak lancarnya akses internet dari Laboratorium Bahasa.

Kantor: Fakultas humaniora & budaya lt. II
UIN Maulana malik Ibrahim, Jl. Gajayana No.50 malang
Email: labbhsuin@gmail.com
Http://labbhsuin.blogspot.com
Blog:labbhsuin.blogger.com
Contact person:
- Drs. Langgeng budianto: 081334482029
- Amin Prasojo S.Ag : 081555603399

1 komentar: